Belajar Web Programming Dasar

Web Programming atau dalam bahasa Indonesia Pemrograman Web adalah menulis atau mengembangkan kode pemrograman sehingga menjadi sebuah program komputer yang berbasis client-server dan dapat dijalankan dalam sebuah web browser. Dalam belajar pemrograman web  ada beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu, diantaranya adalah beberapa teknologi yang saling berkaitan baik dalam proses pembuatan maupun penggunaanya. Proses pembuatan website membutuhkan beberapa teknologi pendukung diantaranya bahasa pemprograman, Software untuk membuat seperti Adobe Dreamweaver, dan XAMPP Software sebagai web server dan database sementara. Selain itu dalam penggunaanya juga dibutuhkan beberapa tekonologi pendukung seperti web browser, web server, dan koneksi internet.

Teknologi Pendukung dalam Pembuatan Website

web programming language, Tampilan website yang biasanya kita lihat itu sebenarnya adalah gabungan kode program dari beberapa bahasa pemrograman internet baik HTML, PHP maupun CSS, karena pada dasarnya Halaman Web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka/dilihat/diterjemahkan dengan Internet Browser ketika Sintaks HTML mampu memuat konten text, gambar, audio, video, dan animasi.

Adobe Dreamweaver, merupakan software pembantu untuk membangun sebuah website yang dinamis, fasilitas yang ada dalam Adobe Dreamweaver sebenarnya sudah bisa dikatakan sangat lengkap, semua yang dibutuhkan dalam mebuat sebuah website baik coding maupun tampilan desain.

XAMPP, merupakan software bebas kumpulan dari beberapa program yang mendukung banyak sistem operasi. Kita cukup menginstal satu software ini saja sudah bisa menjalankan beberapa program untuk membangun sebuah website seperti server yang berdiri sendiri (localhost), MySQL Database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP.

Teknologi Pendukung dalam Penggunaan Website

Web Browser, merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan data atau informasi dari internet. cara kerja webbrowser adalah mengirimkan request code halaman yang di inginkan oleh pengungguna dengan protocol HTTP/HTTPS kedalam web server dan menyajikanya dalam bentuk halaman yang menarik.

Web Server, adalah sebuah perangkat yang bekerja menerima request dari pengguna internet melalui protocol HTTP maupun HTTPS dan menyajikanya kembali dalam bentuk halaman sebuah website pada web browser. Karena keberagaman isi konten dari sebuah website, web Server berfungsi pula mentransfer seluruh aspek pemberkasan seperti teks, gambar, maupun video.

Internet, adalah seluruh jaringan computer yang saling terhubung menggunakan sistem TCP/IP sebagai pertukaran paket data untuk melayani seluruh pengguna di dunia. Pada sejarahnya internet merupakan tekologi yang digunakan oleh department pertahanan Amerika serikat pada tahun 1969 pada proyek ARPA yang disebut ARPANET.

 

http://skysoft.co.id/belajar-web-programming-dasar/

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply